Monday, April 27, 2020

MENOPAUSE APA, GEJALA, DAMPAK , DAN CARA MENGATASINYA



MENOPAUSE  APA,  GEJALA,  DAMPAK , DAN CARA MENGATASINYA

APA ITU MENOPAUSE DAN APA DAMPAKNYA ?
APAKAH GEJALANYA  DAN BAGAIMANA MENGETAHUINYA ?


Bagi wanita seakan menjadi momok ketika mendera  kata MENOPAUSE, banyak yang takut ketika usia mendekati masa-masa tersebut.
Hal yang paling penting untuk menghadapinya , mempersiapkan diri kita sebelum masa itu datang.
Menopause adalah fase yang dialami oleh setiap wanita.

Menopause umumnya terjadi pada wanita menjelang usia 45 ~50 tahun. Tak sedikit wanita yang belum paham apa itu Menopause dan dampaknya pada tubuh mereka.
Sangat penting untuk mengetahui fakta-fakta seputar manopause. Pengetahuan yang mendalam tentang fakta-fakta ini dapat membantu wanita melawan gejala dan juga tidak membiarkan fase alami ini mempengaruhi kesehatan mental dan fisiknya.


Hal yang terbaik yang di tempuh menjelang masa  pada fase Menopause adalah :

  • Harus tetap aktif , 
  • Makan makanan yang seimbang , 
  • Dan tinggal jauh dari gaya hidup yang tidak sehat .

GEJALA, DAN DAMPAK MENOPAUSE yang perlu diketahui dan di pahami :

  1. HOT FLASHES .Hot Flases adalah salah satu gejala yang paling mengerikan dari Menopause. Penderitanya mengalami rasa panas sampai berkeringat di bagian tertentu. Saat Hot Flashes terjadi, jantung berdetak cepat dan berlangsung 2~30 menit. Beberapa faktor seperti stress dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat memicu Hot Flashes. 
  2. MENINGKATKAN RESIKO SERANGAN JANTUNG. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa setelah menemukan bahwa setelah Menopause, seorang wanita lebih memungkinkan  mendapatkan penyakit jantung . Itulah sebabnya , specialist sering menyarankan Wanita untuk menghindari kebiasaan yang tidak sehat dan sering berolahraga untuk mengurangi kemungkinan penyakit yang mengancam jiwa. 
  3. PERUT SEMAKIN BUNCIT. Penggemukan badan , terutama di daerah perut, ini merupakan fase yang dialami wanita menjelang Menopause. 
  4. KETIDAKSEIMBANGAN HORMORAL. Tahap transisi ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh wanita. Akibatnya, akan mempengaruhi suasana hati yang parah dan mungkin merasa stress. Namun ini adalah sesuatu yang berbeda dialami antara wanita satu dengan yang lainnya. 
  5. KULIT KERING. Wanita menjelang masa Menopause akan sering mengeluhkan kulit kering, juga kulit terkelupas. Bahkan tidak hanya kulit , beberapa dari mereka juga mulai mengalami gatal-gatal di kulit kepala mereka . Makanya sangat disarankan Wanita harus memilih pelembab yang lebih banyak selama fase ini. 
  6. TULANG DAN SENDI RAPUH. Menopause juga diketahui meningkatkan resiko Osteoporosis, yaitu suatu kondisi yang tidak menyenangkan di bagian tulang dan sendi yang menjadi lemah. Jadi cobalah tetap aktif dan memilih untuk berolahraga rutin selama fase ini. 
  7. SIKLUS TIDUR TERGANGGU. Ini adalah salah satu fakta yang tidak banyak wanita menyadarinya. Karena adanya  ketidakseimbangan hormon pada  wanita , inipun juga bervariasi antara wanita satu dan yang lain nya , ada yang bisa tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak selama fase ini .

Demikian gejala yang perlu diketahui untuk semua wanita, untuk lebih mengenal dan mempersiapkan diri sebelum mengalami masa Menopause.

No comments:

Post a Comment